SELAMAT DATANG DIGUBUK ANE

"TERIMAKASIH BUAT SOBAT YANG SUDAH BERKUNJUNG JANGAN LUPA YA LIKE"

Download

Sabtu, 14 September 2013

Tips Cara Merawat Laptop agar Awet dan Tidak Cepat Rusak

Posted by Ahya Print  
Tagged as:
12.46

Laptop merupakan komputer paling mudah di bawah, selain tips dan ringan juga lebih canggih. dan pembahasan kali ini saya ingin share tentang Cara Merawat Laptop agar Awet dan Tidak Cepat Rusak. Mungkin bagi anda sering kali menghiraukan sang laptop di biarkan dan cuma memakainya saja, tapi tidak melihat sisi negatif dalam pemakaian yang tidak sesuai prosedur, karena berapapun harga laptop mulai dari spesifikasinya yang jelek samapi bagus sekalipun kalau tidak kita rawat dengan baik pasti tidak akan tahan lama. Banyak sekali macam kerusakan yang akan di alami laptop kita, mulai terkecil sampai terbesar contohnya kerusakan pada motherboard laptop. maka dari itu kita simak beberapa Cara Merawat Laptop agar Awet dan Tidak Cepat Rusak berikut ini :


Tips Cara Merawat Laptop agar Awet dan Tidak Cepat Rusak
Tips Cara Merawat Laptop agar Awet dan Tidak Cepat Rusak
Cara Merawat Laptop agar Awet dan Tidak Cepat Rusak antara lain :

Letakkan pada tempat yang keras 
Mengapa harus diletakkan pada tempat yang keras? Karena, jika anda meletakkan laptop di tempat yang empuk seperti kasur, sofa dan bantal dapat menutup aliran udara panas yang keluar dari laptop yang mengakibatkan sirkulasi udara pada laptop menjadi terganggu.

Jangan sampai baterai dalam keadaan habis
Hal ini masih sering dilakukan oleh mereka yang merasa tanggung untuk segera mengisi atau men-charge laptop mereka. Hal ini mungkin disebabkan karena orang-orang sedang tanggung bermain game, menulis, internetan, dan lain sebagainya. Jika tidak segera di charge, maka laptop akan kehabisan daya dan mati. Nah, kalau hal ini terjadi akan menimbulkan banyak sekali efek yang kurang baik terhadap Baterai (Cycle Count). Saran saya, selagi anda masih bisa men-charge laptop, gunakanlah laptop anda dalam keadaan sambil ter-charge. Hal ini lebih baik. Atau kalau tidak bisa melakukan charge jika baterai sudah berada pada posisi 15%

Usahakan Tegangan listrik yang stabil 
Saat anda men-charge laptop anda, perhatikan aliran listrik yang masuk ke adaptor. Tegangan listrik yang tidak stabil, akan membuat adaptor cepat rusak dan membuat baterai anda drop. Biasanya, hal ini terjadi saat men-charge di dalam mobil.

Sering Lakukan Defrag HardDisk 
Lakukan defrag hardDisk secara rutin supaya kinerja HardDisk menjadi lebih baik dan mengurangi penggunaan baterai serta komponen hardware lainnya.
ada di dalam laptop.

External Device 
External Device seperti HardDisk Eksternal, WiFi, Bluetooth, dll akan menguras baterai pada laptop anda. Semakin banyak external device yang terhubung, maka akan semakin banyak pula daya baterai yang terpakai. Saya sarankan, jika tidak sedang digunakan, sebaiknya External Device tersebut dilepas dari laptop.

Usahakan Mempunyai Kapasitas RAM Besar
Semakin besar kapasitas RAM pada laptop anda, maka akan membuat baterai laptop anda semakin irit. Karena performa laptop akan lebih ringan, sehingga penggunaan beban baterai berkurang.
Usahakan agar Adaptor selalu terpasang saat anda menggunakan laptop
Ternyata masih banyak orang yang salah dengan hal ini. Banyak orang yang menganggap bahwa memasang Adaptor saat menggunakan laptop dapat menyebabkan drop pada baterai. Hal itu memang bisa terjadi pada tipe-tipe laptop jadul (sebelum tahun 1996). Nah, laptop-laptop modern seperti sekarang ini biasanya sudah dilengkapi dengan fitur "Control Battery". Hal ini bertujuan untuk menghindari pemakaian laptop dengan menggunakan daya listrik DC. Memasang Adaptor secara langsung tanpa memasang baterai pada laptop, akan berpotensi membuat kerusakan pada laptop. Karena apabila suatu saat tegangan listrik dirumah anda padam, maka akan berdampak pada laptop anda. Antara lain, mengakibatkan kerusakan pada HardDisk, Mother board, dll. Tetapi, memang sebaiknya penggunaan dilakukan saat baterai sedang terisi dan tidak sedak melakukan charging.

Hindarkan laptop dari air 
Mungkin untuk tips yang satu ini sudah banyak orang yang paham. Karena bukan hanya laptop, semua barang elektronik takut terhadap air. Tapi, kalau laptop anda tterkena air, keringkan dulu sampai laptop anda benar-benar kering sebelum anda menggunakan kembali laptop anda.

Gunakan charger original 
Gunakanlah charger original dari laptop anda. Karena, memang para produsen laptop telah mendesain produk mereka berdasarkan standar-standar kualitas tertentu.
Tutup layar laptop ketika tidak sedang digunakan
Hal ini dilakukan untuk menghindari jatuhnya kotoran, debu ataupun benda-benda disekitar anda yang bisa merusak monitor maupun keyboard. Kalau bisa, gunakan kain pembatas antara keyboard dan monitor untuk menghindari goresan pada layar monitor. Kalau kita beli laptop baru, biasanya kain pembatas ini disertakan juga.

Pasang AntiVirus 
Antivirus adalah sebuah software pokok yang harus ada pada laptop maupun pc. Software ini bisa menangkal program-program jahat yang bisa merusak software komputer. Jika laptop anda telah terinfeksi virus, ada kemungkinan hardware laptop anda bisa menjadi rusak. Antivirus tidak perlu yang berbayar. Yang palin penting adalah anda selalu rutin melakukan Update pada Antivirus tersebut supaya antivirus anda dapat mengenal virus yang terbaru. Jika anda bingung memilih antivirus yang baik dan gratis, saya punya daftar antivirus gratis

Itulah sedikit pembahasan tentang Tips Cara Merawat Laptop agar Awet dan Tidak Cepat Rusak dan semoga artikel ini bermanfaat untuk anda sekalian. semoga laptop anda awet dan tahan lama.

About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

Copyright © 2013 bloggerku. Blogger Template by BloggerTheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top