SELAMAT DATANG DIGUBUK ANE

"TERIMAKASIH BUAT SOBAT YANG SUDAH BERKUNJUNG JANGAN LUPA YA LIKE"

Download

Sabtu, 21 September 2013

Dampak Negatif Menggunakan Laptop Tanpa Baterai

Posted by ahmad yani  
Tagged as:
11.15

menggunakanlaptop-artikeldewawijaya
Di Zaman modern ini, laptop sudah merupakan perangkat penting untuk mendukung aktivitas kita. Di saat kita sedang beraktivitas dengan laptop dan kemudian baterai laptop habis, tentu akan repot jika kita harus menghentikan aktivitas kita di laptop untuk mengcharge baterainya. Kebanyakan orang mencharge laptop sambil mengoperasikan laptop. Tetapi di sampig itu banyak sekali opini dari orang - orang bahwa bermain laptop sambil charge dapat membuat baterai cepat drop dan kembung. Tetapi ada juga pendapat, justru kalau bermain laptop langsung dari listrik tanpa menggunakan baterai justru dapat merusak perangkat laptop.



sebenarnya keduanya tidaklah salah, tetapi perlu diketahui kalau bermain laptop tanpa menggunakan baterai dan langsung dari listrik justru berdampak lebih fatal. Jika menghidupkan laptop langsung dari listrik dan tanpa baterai, listrik akan langsung menuju hardware tanpa melakukan penyesuaian tenaga, sehingga hardware menerima tegangan listrik yang berlebihan dan mempercepat kerusakannya. Selain sebagai penyimpan daya, baterai juga berfungsi sebagai penyesuai arus listrik yang masuk ke komponen agar tidak terlalu tinggi.

Selain itu, jika pemadaman listrik atau listrik PLN tidak stabil, tentu sangan membahayakan motherboard dan hardisk. Lebih baik baterai laptop yang mengalami kerusakan daripada motherboard ataupun hardisk yang harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan baterai. Lagi pula kinerja baterai laptop biasanya akan menurun kualitasnya pada usia 2-3 tahun.


Berikut lebih jelasnya bahaya - bahaya menggunakan laptop tanpa baterai :

1. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi baterai dicopot dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop, karena komponen - komponen tersebut akan menerima tegangan dan arus listrik yang berlebihan.

2. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi baterai dicopot tetapi menggunakan stabilisator/USP sedikit banyak juga dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop karena tegangan dan arus lisrik akan langsung menuju ko komponen di dalam laptop tanpa penyesuaian tegangan (voltage convertet) dan sirkuit pengatur (regulator circuit).

3. Kalau misalkan listrik tiba - tiba mati dan laptop juga ikut mati mendadak, dan hal itu terjadi beberapa kali efeknya adalah Hardisk, RAM, Processor kemungkinan bisa rusak.

4. Bahkan sebelum mati listrik pun, laptop sudah terancam duluan karena jika listrik tempat adapter tidak sehat, maka listrik tersebut akan merusak hardware laptop secara langsung. Jelas lebih baik memasang baterai, karena kemungkinan paling buruk adalah baterainya saja yang drop. Ini lebih baik daripada hardware lainnya juga ikut mati.

About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

Copyright © 2013 bloggerku. Blogger Template by BloggerTheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top