SELAMAT DATANG DIGUBUK ANE

"TERIMAKASIH BUAT SOBAT YANG SUDAH BERKUNJUNG JANGAN LUPA YA LIKE"

Download

Minggu, 22 September 2013

Kenapa Layar LCD Laptop Windows 7 Saya Bergetar?

Posted by Ahya Print  
Tagged as:
07.29

Pertanyaan itu muncul dari pengunjung FastNCheap Blog yang dilayangkan lewat eMail. Karena belum jelas dengan pertayaan yang dia ajukan, maka saya coba untuk mengundangnya “ngobrol” via YM untuk mengetahui masalah yang sedang dia hadapi.
Kenapa Layar LCD Laptop Windows 7 Saya Bergetar?
Ternyata masalah yang dia hadapi sama seperti yang pernah saya alami sendiri dengan notebook Compaq Presario CQ42-207TU menggunakan operating system windows 7 professional. Layar notebook terus bergetar ketika sedang digunakan, terutama ketika menggunakannya untuk browsing dan menjalankan animasi java script di web browser Firefox.
Sedikit Cerita
Ketika baru pertama kali membeli notebook, saya menginstall dual operating sytem yaitu Windows XM dan Windows 7 dan semuanya berjalan lancar. Yang bermasalah adalah ketika browsing menggunakan Firefox pada windows 7, layar menjadi bergetar. Sempat panik juga karena selama ini belum pernah mengalami masalah yang seperti itu.
Layar monitor bergetar di Windows 7
Setelah sedikit menganalisa, saya merasa ada kesalahan pada driver VGA dan mencoba mencari driver VGA yang (Mungkin) lebih stabil. Ternyata, hasilnya sama saja dan layar masih bergetar saat menggunakannya untuk browsing.
Setelah beberapa waktu, dengan bekal dual bootung yang sudah saya install, mencoba menggunakan Windows XP untuk browsing. Alhasil, tidak ada masalah dan layar LCD tidak pernah bergetar. Saat itu, saya mengambil kesimpulan kalau Windows 7-nya yang bermasalah.
Setelah melalui beberapa proses lagi (Kalau diceritakan bakal panjang dan lama), kesimpulan yang bisa diambil:

  • Layar bergetar terjadi karena adanya masalah pada driver VGA yang tingkat kompatibilitasnya belum terintegrasi sempurna dengan Windows 7 (Asumsi ini diambil karena pada Windows XP tidak mengalami masalah).
  • Jenis VGA yang terdapat pada notebook adalah integrated VGA, bukan super VGA dengan chipset berkualitas seperti NVidia, ATi Radeon atau yang sejenis (Seperti punya saya sendiri, integrated onboard Intel VGA membuat layar notebook menjadi bergetar).
Layar LCD bergetar disebabkan karena VGA onboard pada notebook
Lalu bagaimana solusinya agar LCD layar tidak bergetar lagi?
  • Beralihlah ke Windows XP (Dengan catatan driver VGA notebook tersedia dan kompatibilitasnya memang sudah tidak perlu diragukan).
  • Saat layar bergetar, coba “Minimize” semua program yang anda buka dan kemudian “Maximize” lagi ke posisi semula (Seperti yang biasa saya lakukan ketika menggunakan Windows 7 pada CQ42-207TU).
Sampai saat ini, hanya trik ini yang bisa membuat layar LCD pada notebook tidak bergetar lagi. Jika menemukan cara yang lebih sempurna, saya tidak akan ragu untuk sharing dengan anda semua.
Selamat mencoba!

About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

Copyright © 2013 bloggerku. Blogger Template by BloggerTheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top