SELAMAT DATANG DIGUBUK ANE

"TERIMAKASIH BUAT SOBAT YANG SUDAH BERKUNJUNG JANGAN LUPA YA LIKE"

Download

Minggu, 22 September 2013

Melakukan General Checking Hard Disk Komputer Anda Agar Tetap Sehat

Posted by Ahya Print  
Tagged as:
06.52

Layaknya manusia, komputer juga memerlukan general checking terutama pada bagian hard disk karena bagian ini mempunyai peran yang sangat vital seperti peran jantung pada manusia. Hard disk merupakan bagian terpenting dari komputer yang wajib mendapatkan treatment khusus terutama dalam hal penanganan file, bad sectors, efisiensi dan juga kesehatan secara fisik meliputi jaminan terhindar dari benturan dan terbebas dari kotoran seperti debu atau material merusak lainnya.

Cek hardisk agar komputer tetap sehat dan berjalan lancar
Hard disk sangat rentan sekali dengan berbagai kerusakan, tindakan ceroboh pengguna dapat mengakibatkan kerusakan fatal yang beresiko penggantian hard disk baru, selain mahal kerusakan parah pada hard disk juga dapat mengakibatkan Anda kehilangan data-data penting di dalamnya. Untuk itu ada baiknya Anda lakukan beberapa perawatan khusus agar hard disk Anda selalu sehat dan tahan lama, berikut ini adalah beberapa cara melakukan general checking sekaligus treatment guna menjaga kesehatan hard disk.

Memperbaiki Bad Sectors dan System Errors di Disk C

Ada beberapa penyebab utama timbulnya bad sectors pada hard disk yang sulit dihindari terutama untuk komputer-komputer yang mempunyai load kerja tinggi seperti warnet, game center dan komputer perkantoran yang hidup 24 jam sehari 6 hari dalam seminggu dan jarang mendapatkan perawatan kesehatan.
Di antara penyebab bad sectors antara lain mematikan komputer secara paksa karena hang, mati lampu secara mendadak, virus, menutup aplikasi tanpa prosedur, dan penggunaan aplikasi yang tidak aman. Secara keseluruhan kita akan memperbaiki bad sectors di tiap-tiap drive dimulai dari drive C terlebih dahulu, setelah drive C selesai semua termasuk memperbaiki file sistem yang error baru kemudian kita akan memperbaiki bad sectors dan file sistem yang error di drive D.
  • Untuk memperbaiki bad sectors pertama buka Windows Explorer My Computer —> klik kanan pada drive local C dan klik properties. Pada jendela properties pilih tab Tools dan klik tombol Check now…
General checking pada hardisk agar kondisi komputer tetap sehat
  • Kemudian akan muncul satu lagi jendela kecil di mana Anda di minta untuk memilih satu dari dua pilihan, bisa saja Anda pilih keduanya tetapi saya merekomendasikan Anda untuk memilih atau mencentang kotak Scan for and attempt recovery of bad sectors terlebih dahulu. Kemudian klik start untuk memulai proses perbaikan bad sectors, biasanya proses ini memakan waktu 1 hingga 2 jam tergantung ukuran hard disk dan kerusakannya.
Scan hardisk secara menyeluruh
  • Setelah proses perbaikan bad sector selesai, ulangi kembali langkah pertama di atas hingga kemudian Anda menemukan jendela baru kecil seperti gambar di bawah ini. Jika tadi Anda pilih kotak kedua, kali ini centang kotak pertama Automatically fix file system errors, kemudian klik start untuk memulai perbaikan.
Memperbaiki hardisk secara otomatis
  • Saat Anda klik start sistem akan meminta konfirmasi bahwa Anda ingin melakukan perbaikan file sistem, klik saja Schedule disk check, kemudian restart komputer Anda.
Jadwal scan hardisk secara berkala
  • Pada saat proses restart, sistem akan otomatis menjalankan perintah atau jadwal perbaikan sistem error yang sebelumnya Anda minta. Tunggu proses ini hingga selesai sebelum melanjutkan ke proses selanjutnya.
Proses scan hardisk

Memperbaiki Bad Sectors dan System Errors di Disk D

  • Selanjutnya Anda dapat melakukan proses perbaikan bad sectors dan system error pada disk D, langkahnya sama dengan langkah pertama di atas. Buka Windows Explorer —> My Computer —> klik kanan pada disk D dan klik properties.
  • Pada tampilan menu properties klik Tools dan Check now…
Memperbaiki bad sector pada hardisk
  • Pada jendela check disk local disk (D:) anda centang kotak Scan for and attemp recovery of bad sectors kemudian klik Start untuk memproses perbaikan bad sectors, tunggu hingga proses ini selesai, jangan jalankan aplikasi apapun selama proses berlangsung agar perbaikan benar-benar selesai dengan sempurna.
Proses scan bad sector pada hardisk
  • Setelah proses perbaikan bad sectors selesai sekarang saatnya melakukan perbaikan system errors, caranya sama, ulangi langkah pertama di atas dan klik Scan Now pada menu properties. Centang kotaak Automatically fix file system errors dan klik Start. Berbeda dengan disk C, pada proses perbaikan system errors di disk D ini Anda tidak akan diminta konfirmasi penjadwalan perbaikan dan tidak perlu me-restart komputer. Perbaikan akan berjalan dalam kondisi komputer sedang hidup, tetapi saya sarankan untuk tidak menjalankan aplikasi apapun terlebih dahulu.
Memperbaiki hardisk dengan melakukan scan
Melakukan perbaikan bad sectors dan system errors adalah dua treatment khusus yang sebaiknya dilakukan secara berkala agar hard disk dan file system selalu dalam kondisi prima. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat melakukan Defrag setelah proses di atas. Pasca general checking pada hard disk Anda, coba Anda rasakan perbedaan kinerja komputer antara sebelum proses perbaikan bad sectors dan sesudah perbaikan.

About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

Copyright © 2013 bloggerku. Blogger Template by BloggerTheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top