SELAMAT DATANG DIGUBUK ANE

"TERIMAKASIH BUAT SOBAT YANG SUDAH BERKUNJUNG JANGAN LUPA YA LIKE"

Download

Sabtu, 21 September 2013

Panduan Cara Merakit Komputer Sendiri Lengkap

Posted by ahmad yani  
Tagged as:
22.54

Pada dasarnya komputer merupakan banyak komponen yang akan di rakit menjadi satu paket dan bekerja menjadi 1. Jika kita ingin membeli komputer 1 paket pastinya harga membumbung tinggi, karena membayar upah perkaitannya juga. nah jika ingin mendapatkan paket komputer lebih murah saya anjurkan untuk merakitnya sendiri, banyak sekali keuntungan dari merakit komputer sendiri seperti harganya yang miring dan murah, anda juga bisa pilih spesifikasi atau bahan yang anda inginkan, anda bebas memilih software untuk PC anda, Garansinya terjamin, dan yang terahir anda akan lebih dalam mengenal komponen komputer untuk mempermudah memperbaiki komputer.

Nah untuk selanjuutnya kita bahas langkah-langkah merakit komputer :
Tahap pertama adalah memilih komponen yang dibutuhkan untuk merakit komputer. Jika merasa harga yang disediakan oleh toko-toko komputer terlalu mahal untuk tiap komponen, cobalah membeli di situs online yang terpercaya seperti Amazon.

Cara Merakit Komputer Sendiri

Bahan-bahan otak komputer:
1. PC Case (Kasing).
2. Motherboard.
3. Random Acces Memory (RAM).
4. CPU (Central Processing Unit) + Heatsink & Fan (kipas CPU).
5. Hard Disk Drive (HDD)
6. Kabel data SATA
7. Power Supply  (PSU)
8. Video card (Apabila motherboard tidak menyediakan video card on-board, atau ingin mendapatkan kualitas grafik yang bagus)
9. Optical Disk Drive (CD/DVD ROM/RW)
10. Sistem Operasi
11. Sekrup (Biasanya sudah disediakan)
12. Obeng

Setelah setiap komponen terkumpulkan rakitlah komponen-komponen tersebut, detailnya sebagai berikut.
1. Lepaskan sekrup yang mengunci sisi samping kasing.
2. Pasangkan CPU ke socket CPU di motherboard (Hati-hati, biasanya CPU tidak kotak sepenuhnya, akan ada salah satu bagian sisi yang sengaja di rumpangkan agar pemasangan CPU tidak tertukar, cobalah sesuaikan sisi tersebut antara CPU dan socket pada motherboard).
3. Pasangkan heatsink dan kipas di atas CPU.
4. Pasangkan RAM ke slot RAM pada motherboard, sesuaikan dulu, jangan sampai terbalik, semua sisi harus tegap dan seimbang, lalu di tekan sampai RAM tersebut terkunci dengan kokoh oleh slot RAM.
5. Pasangkan motherboard pada kasing, dengan cara menguncinya dengan sekrup.
6. Sambungkan kabel-kabel dari panel depan kasing komputer ke pin panel depan motherboard. Biasanya tiap jenis motherboard memiliki perbedaan, dan detail dari instruksi biasanya disediakan catatan pemasangan ketika membeli motherboard.
7. Kunci HDD ke rak disk pada bagian depan kasing komputer menggunakan sekrup.
8. Kunci ODD ke rak disk, setelah melepaskan tutup plastik pada kasing (biasanya setiap satu rak disk memiliki tutup masing-masing di bagian depan kasing), sehingga bagian depan ODD terlihat dari luar kasing.
9. Sambungkan disk-disk yang dipasangkan (HDD dan OOD) dengan motherboard menggunakan kabel SATA, pasangkan ujung kabel sata pada slot yang bertuliskan HDD (Hard Disk Drive) di motherboard.
10. pasangkan PSU ke kasing, sambungkanlah kabel secara tepat untuk masing-masing motherboard dan disk.
11. setelah selesai, tutuplah kasing samping dari CPU.
12. Install sistem operasi.

About the Author

Write admin description here..

0 komentar:

Copyright © 2013 bloggerku. Blogger Template by BloggerTheme9
Proudly Powered by Blogger.
back to top